Resep: Ikan nila bakar sambal dabu-dabu Lezat

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Ikan nila bakar sambal dabu-dabu. Lagi mencari inspirasi resep ikan nila bakar sambal dabu-dabu yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ikan nila bakar sambal dabu-dabu yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita. Lihat juga resep Nila Bakar Teplon 💕 enak lainnya. Sambal dabu-dabu ini biasanya dibalurkan secara langsung di atas menu makanan yang disajikan seperti ikan, ayam, atau daging sapi. Untuk menemukan sambal dabu-dabu di Manado sangatlah mudah sekali, mengingat hampir setiap warung makan dan restoran di sana menyediakan kuliner.

Ikan nila bakar sambal dabu-dabu Jangan lupa bagikan resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda. Resep Sambal Dabu-Dabu Lilang Khas Manado Pedas Sederhana Spesial Asli Enak. Sambal dabu dabu ini cocok sebagai pelengkap masakan jenis ikan goreng dan ikan bakar atau aneka seafood, seperti ikan nila, ikan tongkol, ikan kembung, dll. Anda bisa membuat Ikan nila bakar sambal dabu-dabu menggunakan 16 bahan dan 7 langkahnya. Berikut cara memasaknya.

Bahan bahan membuat Ikan nila bakar sambal dabu-dabu

  1. Anda perlu 3 ekor ikan nila.
  2. Anda perlu minyak sayur.
  3. siapkan secukupnya kecap.
  4. siapkan secukupnya margarin.
  5. sediakan 10 cabe rawit,.
  6. sediakan 2 siung bawang merah.
  7. siapkan 1 butir tomat.
  8. siapkan jeruk nipis.
  9. sediakan secukupnya garam.
  10. sediakan secukupnya gula.
  11. Anda perlu bumbu halus:.
  12. sediakan 4 siung bawang putih.
  13. Anda perlu 1 cm kunyit.
  14. Anda perlu 1 sdm ketumbar.
  15. Anda perlu 3 butir kemiri.
  16. siapkan secukupnya garam.

Sambal dabu-dabu: Campur cabai rawit, cabai merah, bawang merah, tomat merah dan tomat hijau dengan air jeruk, garam dan gula. Bakar ikan di atas bara api sambil sesekali diolesi minyak/margarin, sampai kedua sisinya berubah warna dan matang. Sambal dabu-dabu disiram ke atas ikan nila goreng? Gurih dan renyah dari ikan bertemu dengan pedas segar Sedangkan untuk sambal dabu-dabunya aku pakai resep khas Papua, yaitu menggunakan daun kemangi.

Cara membuat Ikan nila bakar sambal dabu-dabu

  1. Cuci dan bersihkan ikan, kucuri air jeruk nipis, diamkan sebentar, lalu bilas..
  2. Ulek semua bumbu halus, lalu balurkan ke ikan hingga merata, diamkan selama 30 menit agar bumbu meresap..
  3. Goreng ikan hingga setengah matang, jangan sampai terlalu kering, angkat dan tiriskan..
  4. Sementara menggoreng ikan, kita siapkan bumbu bakar olesnya: campur kecap manis dengan margarin hingga merata..
  5. Bakar ikan di atas bara api/teflon, olesi dengan bumbu oles sampai merata, bolak balik sampai ikan matang..
  6. Sambal dabu-dabu: iris tipis cabe rawit dan bawang merah. iris dadu tomat. campurkan semuanya dalam mangkok, beri garam dan gula. Lalu kucuri dengan air jeruk nipis sedikit dan siram dengan minyak panas, aduk rata..
  7. Ini asli enak dan seger banget.. anak dan suami doyaaan...

Katanya dabu-dabu itu jadi salah satu kunci membuat ikan bakar yang super lezat. Di sana ikan tidak ada yang masuk pembeku. Lumuri ikan nila itu dengan bumbu kecap tumis tadi hingga merata. Soalnya nanti mau dipakai untuk bumbu oles ikan saat membakar. Ikan bakar dabu dabu,nikmati sensasi rasa pedasnya.