Tips Membuat Opor Ayam Bakar Lezat

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Opor Ayam Bakar. Anda sedang mencari ide resep opor ayam bakar yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal opor ayam bakar yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Opor Ayam Bakar Anda bisa membuat Opor Ayam Bakar menggunakan 15 bahan dan 6 langkahnya. Berikut cara membuatnya.

Bahan bahan membuat Opor Ayam Bakar

  1. Anda perlu 1 ekor ayam.
  2. siapkan 1 batang serai.
  3. sediakan 2 sendok makan minyak sayur.
  4. Anda perlu 2 sendok makan santan kara.
  5. sediakan 100 ml air.
  6. Anda perlu Bahan marinasi ayam.
  7. sediakan 1 sendok tah garam.
  8. Anda perlu 1/2 sendok teh merica bubuk.
  9. siapkan 1/4 buah lemon.
  10. Anda perlu Bahan bumbu halus.
  11. sediakan 3 siung bawang putih.
  12. siapkan 6 siung bawang merah.
  13. sediakan 1 ibu jari jahe.
  14. siapkan 1 sendok teh ketumbar.
  15. siapkan 1/2 sendok teh kunyit bubuk.

Cara membuat Opor Ayam Bakar

  1. Siapkan ayam, potong-potong menjadi 12 bagian atau sesuai selera, cuci bersih, kemudian bumbui dengan bahan marinasi aduk rata dan diam kan selama 15-20 menit..
  2. Kemudian siapkan bahan bumbu halus, potong-potong bawang dan jahe agar lebih mudah membelendernya. kemudian masukan kedalam blender beri 30 ml air, kemudian belender sampai halus semua bahan bumbu, untuk kunyit anda bisa menggunakan kunyit yang segar jika ada. Kemudian setelah halus sisihkan..
  3. Kemudian siapkan teplon beri satu sendok makan minyak sayur, setelah panas panggang/bakar ayam sampai berubah warna. Anda bisa membakar ayam menggunakan bara api agar aroma dan warna yang di dapat jauh lebih baik. Setelah warna ayam cantik terpanggang angkat dan sisihkan dalam wadah..
  4. Kemudian tumis bahan bumbu halus sampai harum, atau sampai bau langunya hilang. Kemudian masukan serai yang sudah di memarkan. Lalu tambahkan 100 ml air, masak sampai air mendidih lalu masukan santan kara, aduk rata..
  5. Kemudian masukan ayam yang sudah di bakar tadi, aduk rata masak sampai ayam empuk, dan kuah sedikit mengental. Tambahkan garam dan merica. aduk rata, gunakan api sedang agar matang sempurna. setelah di rasa cukup dan ayam empuk matikan api..
  6. Kemudian taruh opor ayam bakar dalam wadah dan sajikan..