Resep: Nasi Bakar Teri dan Sambal Sempurna

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Nasi Bakar Teri dan Sambal. Sedang mencari inspirasi resep nasi bakar teri dan sambal yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi bakar teri dan sambal yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita. #nasibakar #nasibakarteri #nasibakarsambalhijau #resepsimple #resepmudah #indonesianfood #idejualan HBD Indonesiaku Nasi bakar ini lebih nikmat jika dibakar. Tanpa isian pun, sebenarnya nasi bakar sudah sangat enak untuk disantap. Tetapi umumnya orang memberikan isian dengan beragam pilihan.

Nasi Bakar Teri dan Sambal Demikian juga dengan resep sambal teri nasi dengan daun kemangi ini. Bahan bahan untuk membuat resep menu masakan sambal kemangi dan teri ini sangat sederhana. Sebelum memulai jangan lupa sediakan semua alat, bahan dan bumbu yang diperlukan untuk membuat Resep Sambal Teri Nasi. Anda bisa membuat Nasi Bakar Teri dan Sambal menggunakan 25 bahan dan 9 langkahnya. Berikut cara memasaknya.

Bahan bahan membuat Nasi Bakar Teri dan Sambal

  1. siapkan Nasi Uduk:.
  2. Anda perlu 900 gram beras.
  3. siapkan 1 Ltr air.
  4. siapkan 1 bungkus santan kara segitiga.
  5. sediakan 3 lembar daun salam.
  6. siapkan 1 sdm garam.
  7. sediakan Bumbu Teri:.
  8. sediakan 1,5 ons teri.
  9. sediakan 10 buah cabe merah.
  10. siapkan 10 buah cabe hijau.
  11. Anda perlu 15 buah cabe rawit.
  12. sediakan 10 buah bawang merah.
  13. sediakan 5 buah bawang putih.
  14. siapkan 3 ikat kemangi.
  15. siapkan 3 batang daun bawang.
  16. siapkan 1 sdm kaldu bubuk.
  17. siapkan Minyak untuk menumis.
  18. sediakan Finalisasi:.
  19. Anda perlu 4 lembar panjang Daun Pisang.
  20. sediakan 30 buah Tusuk Gigi.
  21. siapkan Sambal:.
  22. Anda perlu 12 butir cabe rawit.
  23. Anda perlu 1 ujung jari terasi bakar.
  24. sediakan 1/2 sdt garam.
  25. siapkan 2 sdm Minyak.

Ya nasi bakar ini dipadukan dengan isian seperti ikan, suwiran ayam, teri, cumi dan banyak lainnya. Memang untuk isian sendiri, nasi bakar ini cukup beragam bergantung kreativitas si pembuatnya. Makanan ini juga cocok disajikan dengan lalapan, sambal hingga lauk seperti tahu dan tempe goreng. Nasi bakar teri isinya ikan teri, daun bawang, irisan cabe dan khas banget dibungkus daun pisang dengan bentuk mirip lontong cuma lebih besar.

Langkah langkah membuat Nasi Bakar Teri dan Sambal

  1. Cuci beras hingga bersih dan tiriskan. Masukkan beras ke rice cooker, tambahkan garam, daun salam serai, santan dan air. Masak hingga matang dan tunggu hingga tanak..
  2. Rendam teri dengan air panas, setelah dingin tiriskan dan goreng sebentar. Siapkan juga bumbu tumisan teri. Iris Cabe Merah, Bawang Merah dan Bawang Putih.
  3. Tumis bumbu dengan sedikit minyak goreng hingga harum. Masukkan Teri goreng, Cabe rawit utuh dan Kaldu Bubuk. Aduk hingga merata..
  4. Masukkan Daun Kemangi dan terakhir masukkan nasi uduk, pastikan semua tercampur merata. Segera matikan kompor jika dirasa akan gosong..
  5. Sementara menunggu nasi dingin, panaskan daun pisang diatas kompor hingga layu merata. Potong-potong sekitar 20 cm, dan siapkan ukuran lebih kecil untuk lapisan dalam..
  6. Pindahkan nasi ketempat yang lebih rata agar ukuran nasi dapat lebih mudah dibagi, untuk resep ini nasi dibagi 12. Setelah itu siapkan daun pisang dan tusuk gigi. Kita mulai membungkus nasi..
  7. Masukkan 1 bagian nasi, pastikan cabe rawit hanya ada 1 buah disetiapnya bungkus. Setelah semua nasi dibungkus, panggang nasi menggunakan teflon satu per satu..
  8. Tunggu kulit daun pisang berubah warna, lalu balik dan angkat untuk dihidangkan dengan lalapan dan sambal..
  9. Sambal: ulek cabe hingga halus, tambahkan terasi hingga tercampur. Terakhir siram dengan minyak yang telah dipanaskan terlebih dahulu..

Nah makannya tinggal dicocol dengan sambal maka jadi lebih enak dan nikmat. Untuk menu-menu lain seperti ikan oci rica-ricanya lumayan saja, karena. Resep Nasi Bakar - Nasi bakar merupakan makanan sederhana yang mampu menarik perhatian untuk dicicipi, selain kesan alaminya yang kuat karena menggunakan daun pisang untuk membungkusnya, aroma hangus dari daun pisang yang terbakar juga mampu menambah kenikmatan. Berikan nasi secukupnya, lalu tambahkan isian sambal teri di dalamnya. Berikan pula cabai rawit dan daun kemangi, lalu tutup daun pisang hingga rapat.