Resep: Fillet Tongkol bakar teflon siram sambal dabu dabu Sempurna

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Fillet Tongkol bakar teflon siram sambal dabu dabu. Lagi mencari inspirasi resep fillet tongkol bakar teflon siram sambal dabu dabu yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal fillet tongkol bakar teflon siram sambal dabu dabu yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita. Kali ini saya mencoba menjadi recook resep dari sdri mifta Andy salah satu member cookpad utk mengikuti challenge #finalJagoRecook_Yog dg tema hasil laut dan saya memilih ikan tongkol. Dabu-dabu sambal is a kind of condiment from Manado. It is very easy to prepare since no cooking process done for the sambal.

Fillet Tongkol bakar teflon siram sambal dabu dabu Kalau sambal dabu-dabu berasal dari Manado, sambal yang satu ini asalnya dari Bali. Sambal merupakan jenis sambal mentah segar tanpa diulek, mirip seperti sambal dabu-dabu. Nah, sambal matah ini cocok banget dimakan bareng sama nasi panas dan ikan bakar, maknyus deh. Anda bisa membuat Fillet Tongkol bakar teflon siram sambal dabu dabu menggunakan 22 bahan dan 5 langkahnya. Berikut cara memasaknya.

Bahan bahan membuat Fillet Tongkol bakar teflon siram sambal dabu dabu

  1. Anda perlu 200 grm fillet tongkol.
  2. siapkan 1/2 bh jeruk nipis.
  3. Anda perlu Bumbu rendaman.
  4. sediakan 2 butir bawang putih haluskan.
  5. Anda perlu 1/2 sdt ketumbar bubuk.
  6. Anda perlu 1/2 sdt garam.
  7. Anda perlu 1/2 sdt gula pasir.
  8. sediakan 1/2 sdr mrica bubuk.
  9. sediakan Bumbu olesan.
  10. siapkan 2 Sdm mentega.
  11. sediakan 1 Sdm bumbu rendaman ikan.
  12. Anda perlu 2 Sdm kecap manis.
  13. siapkan Sambal dabu2.
  14. siapkan 6 bh cabai rawit.
  15. Anda perlu 1 bh tomat.
  16. Anda perlu 1 butir bawang putih.
  17. siapkan 1 butir bawang merah.
  18. Anda perlu 1/2 bh jeruk nipis.
  19. Anda perlu Sejumput garam.
  20. sediakan Sejumput gula pasir.
  21. siapkan Sejumput kaldu bubuk.
  22. Anda perlu 1 Sdm minyak panas.

Dabu-dabu merupakan sambal yang berisi potongan cabai rawit, bawang merah, cabai merah, air lemon cui serta tomat. Hidangan ikan tongkol goreng bumbu sambal dabu-dabu adalah salah satu menu lezat. Hidangan ini cocok sekali dihidangkan sewaktu makan siang, sebab hidangan ini dibuat dengan sambal dabu-dabu yang lezat dan pedas. Apalagi disantap dengan sepiring nasi hangat yang pulen, akan semakin.

Cara membuat Fillet Tongkol bakar teflon siram sambal dabu dabu

  1. Pertama cuci bersih ikan dan beri perasan jeruk nipis. Sisihkan.
  2. Campur semua bumbu dalam wadah lalu letakan ikan dan balur dg merata. Diamkan kira2 skitar 20 menit.
  3. Siapkan wadah campir semua bahan sambal dabu2 yg sudah diiris-iris. Aduk2 rata dan sisihkan..
  4. Panaskan teflon dan olesi dg mentega. Letakan ikan diatasnya dan beri bumbu olesan. Bolak balik hingga matang angkat dan letakan di piring saji. Siram dg sambal dabu2. Masakan siap disajikan..
  5. Selamat mencoba.

Resep Sambal Dabu-Dabu - Sambal dabu-dabu adalah sebuah resep sambal khas Manado yang merupakan salah satu kekayaan kuliner sambal di Indonesia. Sambal dabu-dabu biasanya disajikan untuk menemani masakan seafood yang seringkali amis. Anda harus mencoba membuat Ikan Bakar Siram Sambal Dabu-Dabu Khas Manado ini di rumah. Sambal dabu-dabu ini biasanya dibalurkan secara langsung di atas menu makanan yang disajikan seperti ikan, ayam, atau daging sapi. Untuk menghidangkannya, silahkan taburkan sambal dabu-dabu ini secara merata ke atas lauk makanan Anda seperti ikan bakar, ayam goreng, dan.