Resep: Ayam sambel bongkot (kecombrang) Sempurna

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Ayam sambel bongkot (kecombrang). Lagi mencari ide resep ayam sambel bongkot (kecombrang) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam sambel bongkot (kecombrang) yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita. Resep SAMBAL BONGKOT (Sambal Matah dengan Kecombrang). Detail recipe : Sambal Kecombrang / Sambal Bongkot https Cara Membuat Sambal Matah Kecombrang Bongkot atau batang kecombrang adalah salah satu bahan masakan khas Bali, biasanya sering digunakan sebagai sambal bongkot dan disajikan sebagai pengganti.

Ayam sambel bongkot (kecombrang) Resep Sambal Bongkot Khas Bali Ala Kampung. Resep SAMBEL BONGKOT a.k.a SAMBEL KECOMBRANG. Sambel bongkot atau sambel kecombrang atau kalau orang sunda menyebutnya honje, adalah salah satu sambal khas dari Bali. Anda bisa memasak Ayam sambel bongkot (kecombrang) menggunakan 8 bahan dan 8 langkahnya. Berikut cara memasaknya.

Bahan bahan membuat Ayam sambel bongkot (kecombrang)

  1. Anda perlu 1/2 kg ayam.
  2. sediakan 4 batang kecombrang.
  3. siapkan 5 siung bawang merah.
  4. siapkan 8 cabe kecil (sesuai selera).
  5. Anda perlu secukupnya Terasi bakar.
  6. Anda perlu Minyak untuk menumis.
  7. siapkan Garam.
  8. siapkan bila perlu Penyedap rasa.

Sambal dengan bahan dasar kecombrang atau kantan atau juga dikenal sebagai honje. Sambal Bongkot adalah salah satu Sambal Khas Bali. Bongkot atau biasa kita kenal dengan kecombrang, di iris lalu dicampur dengan irisan cabai dan bahan lainnya yang kemudian di siram dengan minyak kelapa yang panas. Kecombrang, kantan, atau honje adalah sejenis tumbuhan rempah dan merupakan tumbuhan tahunan berbentuk terna yang bunga, buah, serta bijinya dimanfaatkan sebagai bahan sayuran.

Cara membuat Ayam sambel bongkot (kecombrang)

  1. Bersihkan ayam,lalu rebus hingga matang...
  2. Panas kan minyak gorang,goreng ayam tadi yang sudah d rebus hingga kecoklatan.
  3. Bersihkan kecombrang pot tipis2 lalu bersih kan getah nya mengunakan garam d remas2.
  4. Pot bawang merah tipis2,cabe juga pot ya...
  5. Ayam tadi yang sudah d goreng lalu pot2 atau di sisir sesuai selera ya....
  6. Campur kecombrang,ayam,bawang merah,cabe,terasi bakar,garam d remas2 sampai tercampur rata.
  7. Lalu tumis dengan minyak sedikit saja.tumis hingga harum dan matang ya....
  8. Selesai dan silakan mencoba,mudah dan simpel.

Nama lainnya adalah kincung (Medan), bungong kala (Aceh), bunga rias (Tapanuli), asam cekala (Karo). Sambal Bongkot (Torch Ginger Sambal) is a unique sambal and originated from Bali. Bongkot is Balinese word for torch ginger or other Indonesians call it kecombrang, honje, rias, kincung, rias, kencong, kincuang, sambuan, asam cekala, asam patikala depend on the area. Sambal bongkot adalah sambal yang berasal dari pulau dewata atau pulau Bali. Jika dilihat sekilas mungkin tidak jauh berbeda dengan sambal lainnya.